Apa cita-cita anak anda? Atau pekerjaan apa yang anda harapkan akan dijalani oleh anak anda? Buku ini memberikan gambaran ringkas mengenai aneka macam pekerjaan yang dapat dipilih anak anda di masa depan. Bisa menjadi panduan karier pada tahap yang sangat awal.

Tapi sebelumnya saya perlu mewanti-wanti: jangan terkecoh dengan judul.

Judul buku ini “100 Pekerjaan Keren di Masa Depan”, versi Inggris “100 Jobs of The Future for Children”, dan aslinya terbit dalam bahasa Korea pada tahun 2016. Penulisnya Choi Jeong-won, seorang guru di Korea Selatan.

Dalam bayangan saya awalnya, dan mungkin para pembaca-judul lainnya, 100 pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan-pekerjaan yang hanya ada atau diperkirakan akan muncul di masa depan. Apalagi di antara narasi yang beredar di lapak-lapak penjualan buku ini ada yang dibuka dengan cerita tentang seorang anak yang ingin jadi gamer.

Tapi ternyata 100 pekerjaan tsb sebagian besarnya sudah ada di masa sekarang dan bahkan di masa lampau. Hanya sebagian kecil pekerjaan yang baru muncul atau diperkirakan akan lahir di masa yang akan datang. Jadi, ekspektasi terhadap buku ini harus sedikit dikurangi.

Yang aneh, ada satu pekerjaan yang sebenarnya hanya bisa dipegang oleh satu orang dalam satu negara dalam satu waktu, tapi tetap dicantumkan. Yaitu presiden. Mungkin karena di mana-mana selalu ada anak yang kalau ditanya cita-cita, jawabannya ingin jadi presiden.

Di luar soal itu, buku ini cukup baik dalam memberikan gambaran mengenai 100 macam pekerjaan yang dapat dijalani oleh anak-anak kita kelak, dan mungkin juga oleh kita (orang-orang dewasa) jika masih memungkinkan untuk ganti pekerjaan atau mencari penghasilan tambahan.

Tiap pekerjaan dibahas dalam dua halaman, meliputi apa saja yang dikerjakan, konteks diperlukannya pekerjaan tsb, persyaratan untuk mendapatkannya (seperti sekolah atau kursus yang perlu ditempuh), dan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk menjalaninya dengan baik. Juga dilengkapi informasi tambahan serta wacana terkait pekerjaan tsb dalam kolom terpisah. Beberapa dikaitkan dengan konteks di Korea Selatan.

Keseratus pekerjaan dikelompokkan ke dalam delapan bab. Bab pertama terkait bidang Medis/Sains/Teknologi, dengan contoh pekerjaannya dokter, perawat, dokter pengobatan alternatif, dokter hewan, apoteker, fisioterapis, peneliti pertanian, arsitek, insinyur robotika, spesialis keamanan komputer, spesialis pengolah citra digital, web developer, dan pilot.

Bab kedua terkait Administrasi/Hukum/Pendidikan, dengan contoh pekerjaan presiden, anggota DPR, polisi, pemadam kebakaran, diplomat, hakim, jaksa, pengacara, notaris, guru, dan terapis membaca.

Bab ketiga terkait Media/Sastra/Penyiaran, dengan contoh pekerjaan wartawan, penyiar berita, reporter, penulis, pustakawan, editor buku, penulis skenario game, copywriter, interpreter, dan kameramen.

Bab keempat terkait Budaya/Seni, dengan contoh pekerjaan komposer, konduktor, sutradara film, koreografer, atlet, penyanyi, komedian, pengisi suara, kurator, ahli kaligrafi, pelukis, kartunis, perajin, dan spesialis seni neon.

Bab kelima tentang Fesyen/Kecantikan/Masak, dengan contoh pekerjaan model, penata rias, penata gaya, penata rambut, perajin logam mulia, penata bunga, koki, ahli gizi, ahli wine, dan barista.

Bab keenam tentang Ekonomi/Manajemen/Servis, dengan contoh pekerjaan akuntan, spesialis pemasaran, perencana keuangan, manajer dana, pengawal, pramugari, pemandu wisata, pembawa acara belanja, agen properti, dan koordinator pariwisata medis internasional.

Pekerjaan-pekerjaan yang berkesesuaian dengan judul buku ada di bab tujuh dan delapan. Bab ketujuh berisi tentang Pekerjaan Baru yang Segera Muncul. Di sini ada analisis data, pengacara virtual, pengelola data pribadi, penanggung jawab kesejahteraan lansia, perencana kehidupan, pembimbing homescholing, pengacara hak asasi hewan, dan perusahaan konversi air.

Lalu bab delapan tentang Teknologi Baru, Pekerjaan Baru. Di sini ada nanodokter, perusahaan pembuat bagian tubuh, pertanian tanaman rekayasa genetika, perusahaan makanan rekayasa genetika, spesialis robot militer, pengawas sains baru, pemandu wisata luar angkasa, pengawas perubahan cuaca, dan operator peralatan penerjemahan.

Di halaman terakhir, disinggung sekilas 10 pekerjaan lain yang akan muncul dalam 20 tahun mendatang, yaitu dokter bedah penambahan memori, petani vertikal, spesialis pencegah perubahan cuaca, petugas karantina penyakit berbahaya, manajer avatar/guru virtual, pengembang mobil alternatif, penyiar pribadi, makelar waktu, spesialis jejaring sosial, dan spesialis humas pribadi.

Mungkin anda bertanya, di mana pekerjaan youtuber? Atau tiktoker? Atau content creator secara umum? Atau gamer? Karena anak-anak sekarang banyak yang mencita-citakan semacam itu kalau ditanya mau jadi apa.

Ya, meski 100 pekerjaan lebih terdengar banyak, sepertinya masih ada sejumlah pekerjaan yang luput dari bahasan, baik pekerjaan lama ataupun pekerjaan baru yang makin populer, misalnya influencer, afiliator, traveler, reviewer, trader (saham, forex, kripto), pembuat aplikasi, pakar SEO, dokter estetika, salesman, pebisnis, montir atau tukang servis, petani organik, konsultan bisnis, motivator, politisi, pendakwah agama, hingga aktivis apa saja. Atau mungkin penulis buku ini punya sudut pandang yang berbeda.

Selain membahas aneka jenis pekerjaan, buku ini juga mengajak kita berdiskusi dan merenung mengenai beberapa hal. Misalnya, apakah pekerjaan PNS masih menarik di masa depan, perlukah anak-anak bercita-cita menjadi bintang, dan melihat kekuatan cerita dan puisi.

Sebagai orangtua, perlu bagi kita untuk memberikan wawasan kepada anak-anak mengenai pilihan-pilihan jalan yang akan ditempuh mereka kelak. Buku ini dapat membantu kita. Atau biarkan mereka membaca sendiri. [Asep Sopyan]


Data buku

Buku ini pada umumnya dijual dengan harga 165 ribu di marketplace. Jika hanya melihat tebalnya yang 222 halaman, harga tsb tergolong mahal, tapi memang kertasnya bagus dan cetakannya penuh warna.

Saya membelinya di Tokopedia.

 

Leave a Reply