Pada tanggal 21 Februari 2022, saya mendapat notifikasi dari Tokopedia untuk mendaftar dalam program Affiliate. Ini informasi yang saya tunggu-tunggu sejak akhir tahun lalu, ketika Tokopedia memberi bocoran akan membuka program affiliate dalam waktu dekat. Dan langsung saja saya klik daftar lalu mencantumkan aneka tautan media sosial yang saya miliki, yaitu IG, Tiktok, Youtube, Facebook, dan blog. Setelah itu resmilah saya menjadi afiliator Tokopedia.

Sebagai pelanggan setia Tokopedia sejak awal berdirinya, sebetulnya saya sudah sering mempromosikan produk-produk yang saya beli tanpa diminta. Setiap membeli sesuatu yang cukup berharga atau menarik di Tokopedia, saya menceritakannya di blog atau di youtube dan menaruh link pembelian. Tapi kali ini ada program afiliasi, tentunya saya lebih semangat lagi berpromosi.

Program Affiliate Tokopedia memberikan komisi sebesar 10% dengan batas maksimal 100 ribu per kuantitas barang. Ini satu peluang bisnis yang lumayan jika diseriusi. Semua produk yang terdapat di toko berkategori Power Merchant (PM), Power Merchant Pro (PM Pro), dan Official Store (OS) dapat kita promosikan di program Affiliate.

Oke, lalu bagaimana cara ikut Tokopedia Affiliate Program?

Jika anda memiliki akun Tokopedia, caranya masuk ke aplikasi, klik garis tiga di kanan atas, klik Layanan Lainnya (di bawah Semua Kategori), klik Tokopedia Affiliate. Akan muncul laman pendaftaran melalui akun email yang anda gunakan. Klik Daftar Sekarang, lalu anda diminta mengisi tautan media sosial yang anda miliki (IG, Tiktok, Youtube, FB, Twitter, Blog, dan lainnya). Dan setelah itu jadilah anda afiliator Tokopedia.

Selanjutnya, saat anda masuk ke menu Affiliate, anda akan disuguhi laporan performa meliputi pendapatan, klik, konversi, dan jumlah barang yang terjual. Tersedia juga produk-produk yang dapat anda promosikan linknya melalui akun-akun medsos anda.

Agar kita berhasil di program ini, tentunya kita harus sering share link produk di akun-akun media sosial kita, atau bahkan kita tawarkan secara langsung ke teman-teman kita.

Indahnya zaman sekarang, tak perlu punya toko untuk bisa jualan. Dengan menjadi afiliator, kita bahkan bisa menjual produk apa saja.

Ke depan, saya akan sering promosi produk-produk Tokopedia di blog ini.

Info lebih lanjut tentang program Affiliate atau ingin mendaftar, klik di https://affiliate.tokopedia.com. []

Leave a Reply