rode nt usb mini

Saya membeli mikrofon kondenser merek Rode NT USB Mini seharga 1,4 jutaan, tapi ternyata mik ini tidak menjadi solusi untuk kebutuhan saya. Saya membutuhkan mik yang dapat menyaring suara bising dari luar rumah saat saya membuat video untuk kanal youtube saya, karena rumah saya diapit oleh jalan di depan dan samping di mana kendaraan sering lewat.

Tadinya saya memakai mik kabel merek Boya BY M1. Kualitas suaranya bagus, tapi tidak ada fitur penyaring kebisingan sehingga saya harus berhenti bicara ketika terdengar suara motor lewat.

Saya lalu membeli mik wireless merek Costa True. Selain lebih praktis karena tanpa kabel, adanya fitur noise cancellation membuat saya bisa ngomong terus tanpa berhenti meski ada motor lewat. Awalnya saya merasa puas dan telah membuat beberapa video. Tapi setelah mendengar lagi suara di video-video tsb, terasa suaranya naik turun dan terdengar seperti suara robot.

Jadi saya membutuhkan mik yang dapat menyaring kebisingan sekaligus hasilnya bagus. Terpikir untuk membeli mik wireless yang harganya lebih mahal dan ada fitur noise cancellation, seperti Saramonic Blink Go atau Hollyland Lark M1, tapi saya kurang yakin hasil suaranya di mode anti-noise akan bagus juga.

Lalu saya membaca tentang mik cardioid, yaitu mik yang hanya menerima suara dari satu arah, dalam hal ini dari arah pembicara, sedangkan suara dari arah lainnya tidak akan terdengar atau minim. Mungkin ini bisa jadi solusi, pikir saya. Lalu saya pun membeli mik Rode NT USB Mini, setelah mempertimbangkan beberapa merek lain yang harganya sedikit lebih murah seperti Boya PM 500, Saramonic SR-MV2000, dan Fifine K683B. Sebenarnya utk keperluan podcast saja tidak perlu mik yang mahal, tapi saya punya rencana akan menggunakannya juga untuk merekam lagu. Jadi saya pilih yang secara merek lebih bagus.

Tapi ternyata mik Rode ini terlalu sensitif sehingga sedikit saja suara luar masih masuk terekam, meski dari arah belakang.

Saya yakin mik Rode ini mik yang bagus, apalagi harganya lumayan mahal, dan bahkan merupakan mik termahal yang pernah saya beli. Tapi penggunaannya harus dalam kondisi studio yang minim noise. Jadi kelak saya harus membuat studio agar mik ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Sementara disimpan dulu.

Untuk pembuatan video ngomong ttg asuransi dan tema-tema lainnya di kanal youtube saya, biar saya kembali ke mik Boya kabel atau pake mik Costa dengan mode normal. []

Leave a Reply