HP Impian untuk Content Creator

Sejak Januari 2021 saya memakai HP merek Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Sudah satu tahun lebih. Saya cukup puas dengan HP ini. Tapi ke depan, saya ingin peningkatan.

Selain untuk berkomunikasi, dokumentasi, mencari informasi, hiburan, belanja, dan lain sebagainya, saya menggunakan HP untuk membuat video di youtube dan mengeditnya pun pakai aplikasi di HP.

Jadi, saya membutuhkan HP dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Kamera yang bagus. Kamera HP yang saya pakai sekarang cukup bagus, tapi kurang cerah untuk di dalam ruangan.
  • Performa yang kuat. Mengedit video terutama saat renderingnya itu butuh energi yang besar. Juga saat mengunggah video ke youtube. Jadi, HP-nya harus pakai prosesor yang cepat.
  • Ruang penyimpanan yang besar. HP yang sekarang 128 GB rasanya masih kurang. Setidaknya 256 GB ditambah slot memori eksternal.
  • Slot memori eksternal. Selain untuk menyimpan data, slot memori eksternal juga berguna untuk memindahkan data ke atau dari perangkat lain. Memang bisa pakai kabel data, tapi kalau ada tambahan satu cara lagi tentunya lebih baik.
  • Jack audio 3,5mm. Ini fitur wajib untuk HP yang biasa dipakai membuat video sekaligus sambil bicara.
  • Speaker stereo dan dobel. Terkadang saat mengedit posisi speaker tertutup tangan, jadi kalau suaranya keluar dari dua arah akan lebih nyaman.

HP apakah yang memenuhi semua spesifikasi di atas?

Ya, saya telah menemukannya, yaitu Samsung A52s 5G. HP ini rilis di Indonesia bulan September 2021. Banyak peninjau menyebutnya sebagai HP midrange terbaik tahun 2021, antara lain Gadgetin dan Jagat Review.

Samsung A52s 5G menggunakan prosesor Snapdragon 778G (6 nm), tentunya lebih kencang daripada SD 720G (8 nm) yang ada di Redmi Note 9 Pro. RAM-nya 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB. Ada slot memori eksternal hingga 1 TB, walaupun harus berbagi tempat dengan slot SIM kedua.

Kameranya beresolusi 64 MP di belakang dan 32 MP di depan, dilengkapi OIS (optical image stabilizer). OIS ini fitur yang biasanya hanya ada di kelas flagship. Banyak yang mengatakan kamera HP ini terbaik di kelasnya. Kamera depannya yang memiliki resolusi besar sangat menarik, karena saya juga sering menggunakan kamera depan untuk membuat video.

Keunggulan lain, HP ini sudah 5G sehingga tidak perlu ganti HP lagi saat nanti jaringan 5G sudah merata (Redmi Note 9 Pro masih 4G). Lalu layarnya amoled (Redmi Note 9 Pro masih IPS). Dan yang luar biasa, Samsung A52s memiliki IP rating 67 yang membuatnya bisa tahan di dalam air selama setengah jam. Saya pernah dua kali harus ganti HP gara-gara terjatuh ke air panci dan satu lagi ke air laut. Mudah-mudahan masalah serupa tak terjadi lagi dengan Samsung A52s.

Dan yang juga cukup penting, layar HP ini berukuran 6,5 inci, sedikit lebih kecil daripada Redmi Note 9 Pro yang 6,67 inci. Dengan ini semoga jadi terasa lebih nyaman di saku. Lalu selain jack audio 3,5mm, HP ini juga sudah dilengkapi dengan NFC (near field communication) yang berguna antara lain untuk isi uang elektronik. Dua fitur terakhir ini sudah ada di Redmi Note 9 Pro.

Harga HP Samsung A52s awalnya 6,4 jutaan, tapi sekarang sudah turun ke 5,6 jutaan di marketplace.

Spesifikasi lengkap dari HP ini bisa dibaca di gsmarena.com.

Selain Samsung A52s, saya juga sempat mempertimbangkan beberapa HP lain yang setara, tapi selalu saja ada aspek yang tidak sesuai kebutuhan.

  • Poco X3 Pro. Harga 3 jutaan, Snapdragon 860, tapi belum 5G.
  • Poco X3 GT. Harga 4 jutaan, Dimensity 1100, tapi tidak ada slot memori eksternal dan jack audio.
  • Poco F3. Harga 5 jutaan, Snapdragon 870, tapi tidak ada slot memori eksternal dan jack audio.
  • Xiaomi Mi 10T Pro. Harga 5 jutaan, Snapdragon 865, tapi tidak ada slot memori eksternal dan jack audio.
  • Xiaomi 11T Pro. Harga 6 jutaan, Snapdragon 888, tapi tidak ada slot memori eksternal dan jack audio.
  • Realme GT Master Edition. Harga 5 jutaan, Snapdragon 778G, tapi tidak ada slot memori eksternal.
  • Realme GT Neo. Harga 5 jutaan, Dimensity 1200, tapi tidak ada slot memori eksternal.
  • Realme GT Neo 2. Harga 6 jutaan, Snapdragon 870, tapi tidak ada slot memori eksternal dan jack audio.

Jadi, Samsung A52s memang paling lengkap spesifikasinya, merata di semua sisi. Memang bukan yang tercepat, tapi paling cocok untuk content creator yang mengandalkan HP sebagai peralatan utamanya.

Semoga rezekinya segera ada. Amin. []

Bagi anda yang tertarik juga dengan HP Samsung A52s 5G, saya pilihkan pelapak yang bagus di Tokopedia. Toko resmi (centang ungu), harganya termurah, serta sudah banyak yang beli. Klik di SINI.

This entry was posted in Gadget and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.